-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Daftar 34 Provinsi Di Indonesia Lengkap Dengan Ibukota Tahun 2017

Post a Comment
Daftar Provinsi di Indonesia sebelumnya selalu berubah ubah dikarenakan kebijakan pemerintah dan juga kebijakan pemekaran wilayah demi mendukung pembangunan Nasional. Dari berbagai sumber dapat di temukan bahwa jumlah Provinsi yang resmi terdaftar di Indonesia saat ini mencapai 34 Provinsi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2012. Hal ini bertujuan agar segala yang berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan negara bisa lebih terorganisir dan terdistribusi dengan baik. Menurut Keputusan terakhir yang dibuat, Provinsi yang paling baru adalah Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Adalah sangat penting bagi kita untuk mengetahui provinsi-provinsi tersebut supaya senantiasa mengikuti perkembangan negara ini secara umum. Untuk singkatnya marilah kita lihat list yang telah kami buat di bawah ini, adapun dibawah list ini, kami telah membuat review singkat mengenai semua Provinsi, baik yang baru diresmikan, ataupun yang sudah lama berdiri.

Daftar Provinsi di Indonesia Berdasarkan UU No 20 tahun 2012

No
Nama Provinsi
Ibu Kota Provinsi
1
Aceh
Kota Banda Aceh
2
Bali
Kota Denpasar
3
Banten
Kota Serang
4
Bengkulu
Kota Bengkulu
5
DI Yogyakarta
Kota Yogyakarta
6
DKI Jakarta
Kota Jakarta Pusat
7
Gorontalo
Kota Gorontalo
8
Jambi
Kota Jambi
9
Jawa Barat
Kota Bandung
10
Jawa Tengah
Kota Semarang
11
Jawa Timur
Kota Surabaya
12
Kalimantan Barat
Kota Pontianak
13
Kalimantan Selatan
Kota Banjarmasin
14
Kalimantan Tengah
Kota Palangkaraya
15
Kalimantan Timur
Kota Samarinda
16
Kalimantan Utara
Kota Tanjung Selor
17
Kepulauan Bangka Belitung
Kota Pangkalpinang
18
Kepulauan Riau
Kota Tanjungpinang
19
Lampung
Kota Bandar Lampung
20
Maluku
Kota Ambon
21
Maluku Utara
Kota Sofifi
22
Nusa Tenggara Barat
Kota Mataram
23
Nusa Tenggara Timur
Kota Kupang
24
Papua
Kota Jayapura
25
Papua Barat
Kota Manokwari
26
Riau
Kota Pekanbaru
27
Sulawesi Barat
Kota Mamuju
28
Sulawesi Selatan
Kota Makassar
29
Sulawesi Tengah
Kota Palu
30
Sulawesi Tenggara
Kota Kendari
31
Sulawesi Utara
Kota Manado
32
Sumatera Barat
Kota Padang
33
Sumatera Selatan
Kota Palembang
34
Sumatera Utara
Kota Medan


Dari Daftar Provinsi di Indonesia yang telah kami susun sedemikian rupa, Berikut ini review dari masing masing provinsi sebagai bahan referensi bagi anda yang membutuhkannya. Review dari daftar provinsi yang kami buat ini tidak mencakup segala bidang, hanya sedikit informasi penting saja yang kami sisipkan.

1. Provinsi DKI Jakarta

Daftar Provinsi di Indonesia terbaru

DKI Jakarta atau Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Republik Indonesia yang terletak di Pulau Jawa. Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Perlu diketahui sebenarnya Jakarta adalah Kota, tapi statusnya disamakan dengan Provinsi karena peran pentingnya sebagai Ibu Kota Negara, karena itulah Jakarta pun dipimpin oleh seorang Gubernur yang menjabat 5 Tahun sekali dalam masa jabatannya dengan maksimal dua kali pemilihan. Provinsi DKI Jakarta telah beberapa kali mengalami pergantian nama dari mulai Sunda Kelapa, Batavia, Jayakarta, Djakarta, Hingga diresmikan pada tahun 1998 sebagai Daerah Khusus Ibukota. Jakarta memiliki wilayah yang cukup luas, yaitu 661.50 Kilometer persegi dengan kepadatan penduduk 28 Juta jiwa. Jakarta merupakan kota metropolitan, bahkan megapolitan yang disejajarkan namanya dengan New York City, dan Tokyo karena kemajuannya. 

2. Provinsi Jawa Timur (Jatim)

Jawa Timur adalah Provinsi terluas yang ada di Pulau Jawa, luas provinsi ini mencapai 47.930 Kilometer persegi dengan jumlah penduduk 37.477.809 Jiwa. Provinsi Jawa Timur ini berbatasan dengan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah di sebelah barat dan Provinsi Bali di sebelah timur. Provinsi Jawa Timur merupakan wilayah dominan Muslim dengan persentase penduduknya 97% adalah beragama Islam. Dulunya hingga saat ini, Provinsi ini menjadi wilayah utama pendidikan pesantren di Indonesia di atas Jawa Barat. Berbicara tentang kemajuannya, Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan pendapatan tertinggi setelah DKI Jakarta karena merupakan daerah industri dan perdagangan yang sangat maju. Provinsi yang beribukota di Surabaya ini memiliki dermaga tanjung perak yang merupakan dermaga terbesar kedua setelah Tanjung Priok.

3. Provinsi Jawa Barat (Jabar)

Daftar Provinsi di Indonesia Terbaru

Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terpadat di Pulau Jawa. Provinsi dengan luas 35.223 Kilometer persegi, provinsi ini merupakan sentral dari perkembangan usaha manufaktur di Indonesia dan menjadi daerah dengan pendapat perkapita tertinggi dibanding daerah lainnya (mencapai 5 juta). Dengan jumlah penduduk mencapai 46 juta jiwa. Jawa Barat yang merupakan wilayah parahyangan yang dihuni oleh suku Sunda menjadi daerah subur pertanian yang bisa menyeimbangkan pembangunan wilayahnya dengan kemajuan infrastruktur dan industri. Salah satu kota di Jawa Barat yaitu Karawang, menjadi kabupaten dengan Upah Minimum Kerja tertinggi se-Indonesia, yaitu Rp. 3.605.072. Provinsi dengan latar geografis pegunungan yang beribukota di Bandung ini menjadi salah satu Provinsi terbesar di Indonesia karena faktor-faktor yang telah disebutkan tadi.

4. Provinsi Jawa Tengah (Jateng)

Seperti namanya, Jawa Tengah merupakan provinsi yang terletak di tengah-tengah Pulau Jawa, diapit oleh Jawa Barat dan Jawa Timur. Provinsi yang memiliki luas 33.090 Kilometer persegi ini merupakan salah satu rovinsi dengan pendapatan tertinggi di Indonesia terutama dari sektor pariwisata. Jika orang mengaitkan Pulau Jawa dengan orang Jawa, maka disinilah tempatnya, Suku Jawa kebanyakan bermukim di wilayah Jawa Tengah. Dari 39.298.887 total penduduk, 98% nya adalah suku Jawa, disusul oleh etnis sunda, cina, dan etnis lainnya. Provinsi yang kini memiliki 29 Kabupaten dan 6 Kota ini kini tengah mengembangkan diri untuk terus mengenjot pendapatan dari sektor pariwisata. Ibukota Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang yang merupakan salah satu kota terbesar dan paling maju di Republik Indonesia.

5. Provinsi Riau

Provinsi Riau adalah Provinsi yang terletak di Pulau Sumatra tepatnya di sepanjang Selat Malaka di sebelah timur Pulau Sumatra jika dilihat dari peta. Daerah yang terkenal di Provinsi ini adalah Kepulauan Riau dan Pulau Batam. Tentunya anda tahu Batam kan. Provinsi dengan luas mencapai 88672 kilometer persegi ini merupakan provinsi terkaya di Indonesia karena kekayaan alamnya. Perlu anda ketahui bahwasanya bumi riau dipenuhi oleh minyak bumi dan gas alam. Komoditi ini menjadi komoditi utama Provinsi Riau. Provinsi yang beribukota di Pekanbaru ini saat ini dihuni oleh 6.190.545 penduduk yang terdiri atas beberapa ras, Ras yang paling utama adalah Ras Melayu disusul oleh ras Jawa dan Batak.

6. Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)

Daftar Provinsi di Indonesia Terbaru

Provinsi Kalimantan Timur adalah Provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan merupakan salah satu provinsi yang mengalami Pemekaran menjadi Provinsi Kalimantan Utara berdasarkan UU No 20 Tahun 2012. Provinsi Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua setelah Provinsi Papua Barat. Tak heran Provinsi ini dimekarkan. Dengan luas wilayah mencapai 129.066 Kilometer Persegi dan jumlah penduduk di kisaran 3,87 Juta jiwa, Provinsi ini menjadi salah satu provinsi dengan kepadatan penduduk terendah di Indonesia. Provinsi Kalimantan Timur merupakan Provinsi dengan curah hujan yang cukup tinggi karena terletak di sekitaran garis khatulistiwa. Provinsi ini dulunya adalah bagia dari kerajaan hindu Kutai. Hingga kini situs situs bersejarah peninggalan kerajaan Kutai tersebut masih dipelihara dan dilestarikan. Kota yang paling maju di Provinsi ini sendiri adalah Kota Samarinda yang sekaligus menjadi iIbukota Provinsi ini.
 

7. Provinsi Sumatera Utara (Sumut)


Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang memiliki populasi penduduk yang cukup padat, dengan jumlah penduduk mencapai 12.990.232 jiwa dan luas wilayah 72.981 kilometer persegi, Provinsi yang beribukota di Medan ini menjadi Provinsi dengan kepadatan penduduk peringkat empat di Indonesia. Provinsi Sumatera Utara memiliki Semboyan "Tenun Berkarya, Hidup Sejahtera, Mulia Berbudaya" dengan semboyan ini, Provinsi yang dihuni oleh mayoritas etnis Batak ini senantiasa menjadi salah satu Provinsi dengan pendapatan yang tinggi. Hingga saat ini Provinsi Sumatera Utara memiliki 25 Kabupaten dan 8 Kotamadya.
 

8. Provinsi Banten


Provinsi Banten terletak di ujung barat pulau jawa. Dulunya provinsi ini merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Dirasa perlu dilakukan pemekaran, pada tahun 2000 diresmikanlah Provinsi Banten ini menjadi Provinsi yang berdiri sendiri dengan Ibukota Provinsinya terletak di Kota Serang. Provinsi Banten merupakan provinsi dengan kemajuan yang sangat pesat, hal ini dikarenakan sebelum memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat, sebagian besar wilayah provinsi Banten merupakan daerah Industri yang cukup padat, terutama di Kota Tangerang dan Serang serta Cilegon. Dengan luas wilayah hanya 9160 kilometer persegi dan jumlah penduduk mencapai 10.467.998 jiwa, Provinsi ini menjadi salah satu Provinsi yang maju dan tetap bisa menjaga nilai nilai budaya nya, terutama kebudayaan Sunda nya. hal ini dikarenakan mayoritas Etnis yang mendiami wilayah ini adalah etnis Sunda.

9. Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)

Daftar Provinsi di Indonesia Terbaru

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dan menjadi Iconic karena Ibukota nya, Palembang. Sebagai salah satu Provinsi dengan sektor industri pariwisata yang bagus, Provinsi ini menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan Domestik maupun Mancanegara. Banyak sekali tempat wisata yang terkenal dari Provinsi ini. Tujuan wisata yang paling terkenal adalah Jembatan Musi dan Jembatan Ampera sebagai jembatan-jembatan bersejarah di Provinsi ini. Provinsi Sumatera Sselatan memiliki luas wilayah mencapai 87.998 kilometer persegi. Mayoritas Penduduk yang mendiami wilayah Sumatera Selatan adalah etnis melayu dan Jawa, disusul oleh komering dan Sunda. Menurut hasil survei terakhir, jumlah penduduk di Provinsi ini mencapai 10.897.990 jiwa.
 

10. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)


Provinsi Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang terletak di wwilayah tengah Republik Indonesia tepatnya di Pulau Sulawesi. Provinsi ini memiliki luas wilayah 45764 kilometer persegi dan didirikan pada tahun 1960. Provinsi yang beribukota di Kota Makassar ini dihuni oleh kurang lebih 80.332.987 jiwa yang tersebar di 20 Kabupaten dan 3 Kotamadya. Mayoritas etnis yang mendiami Provinsi ini adalah etnis Bugis yang kita semua tahu sebagai etnis asli Pulau Sulawesi.  Provinsi Sulawesi Selatan identik dengan salah satu wilayahnya yang sangat terkenal di Indonesia dan bahkan di Dunia yaitu Tana Toraja.

11. Provinsi Lampung


Provinsi lampung terletak di Ujung Selatan Pulau Sumatera dan berbatasan langsung dengan Selat Sunda yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Provinsi yang beribukota di Bandar Lampung ini memiliki luas wilayah 35,668 kilometer persegi. Adapun Total Populasi di Provinsi ini adalah sekitar 9.456.887 jiwa yang didominasi oleh etnis Jawa, disusul oleh etnis Lampung dan Sunda. Jadi jangan heran kalau mayoritas orang Lampung fasih berbahasa Jawa. Provinsi Lampung terbagi atas 13 Kabupaten dan 2 Kotamadya. Provinsi yang resmi didirikan pada tanggal 18 Maret 1965 ini dihuni oleh penduduk yang sebagian besarnya bermatapencaharian sebagai Nelayan, disusul oleh sektor pertanian setelahnya. Provinsi Lampung saat ini tengat mengkhususkan pengembangan lahannya di sektpr pertanian terutama dalam penanaman Kelapa sawit dan karet, serta beberapa jenis palawija lainnya.
 

12. Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)


Provinsi Sumatera Barat terletak di bagian tengah Pulau Sumatera dan Beribukota di Padang. Provinsi ini sangat terkenal dengan perbukitannya, Bukit Barisan. Provinsi Sumatera Barat terkenal akan makanan Khasnya yang bisa dengan mudah kita temui dimana saja yaitu, Sate Padang. Provinsi dengan Luas Wilayah mencapai 42.297 kilometer persegi ini dihuni oleh lebih dari 5 Juta Jiwa yang didominasi oleh etnis melayu Minangkabau, kemudian disusul oleh Batak dan jawa setelahnya. Perlu anda ketahui orang-orang minang sangat kental terhadap agamanya dan Agama yang menjadi mayoritas disini adalah agama Islam.
 

13. Provinsi Aceh


Provinsi Aceh adalah Provinsi yang terletak di Ujung utara Pulau Sumatera dan merupakan satu satunya Provinsi yang menganut Syariat Islam sebagai Politik penjalanan pemerintahannya di Indonesia. Provinsi dengan julukan Serambi Mekah ini beribu Kota di Banda Aceh dan merupakan Provinsi dimana dulunya terdapat kerajaan Islam tertua di Indonesia Kerajaan Samudera Pasai. Karenanya Aceh dianggap sebagai awal mula persebaran islam di Indonesia. Provinsi yang memiliki Luas wilayah 58.997 kilometer persegi ini dihuni oleh total populasi yang mencapai 4.494.887 jiwa yang didominasi oleh etnis Aceh, kemudian disusul oleh jawa, gayo, dan batak. Mayoritas penduduk aceh beragama Islam (99%) disusul oleh kristen dan hindu. Keberanekaragaman ini tidak membuat etnis minoritas merasa terdeskriminasi oleh penduduk mayoritas.
 

14. Provinsi Kepulauan Riau


Kepulauan Riau merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Riau, Dengan Luas wilayah hanya 252.601 kilometer persegi yang 95% nya adalah lautan,  maka tak heran jika luas darata di Provinsi ini hanya 8202 kilometer persegi, tak pelak jika Kepulauan Riau hanya terdiri atas 4 Kabupaten dan 2 Kota. Provinsi ini dibentuk pada Tahun 2002 berdasarkan UU no 25 tahun 2002. Kepulauan Riau merupakan provinsi yang dihuni oleh kurang lebih 1.678.887 jiwa yang didominasi oleh etnis melayu dan etnis laut jawa.
 

15. Provinsi Bali

Provinsi Bali terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Provinsi ini merupakan Provinsi yang sangat terkenal di Dunia, banyak sekali wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang mengunjungi Provinsi Bali setiap tahunnya. Provinsi dengan julukan Pulau Dewata yang memiliki arti Pulaunya Para Dewa ini menjadikan sektor pariwisata sebagai devisa utamanya. Sungguh besar kontribusi Bali ini dalam sektor pariwisata untuk Republik Indonesia. Ibukota Provinsi Bali adalah Denpasar. Jika anda berkunjung ke Bali anda akan mudah sekali menemukan wisatawan mancanegara berkunjung ke Provinsi ini, terutama Wisatawan dari Australia.

16. Provinsi Papua


Provinsi Papua Merupakan Provinsi terluas di Indonesia, karena itu lah Provinsi Papua dimekarkan menjadi Provinsi Papua dan Papua Barat sehingga daftar provinsi di Indonesia semakin bertambah jumlahnya. Provinsi Papua dihuni oleh etnis Papua yang notabene merupakan ras Negroid, sama dengan ras Aborigin di Benua Australia dan Etnis-etnis Oceania pada umumnya. Provinsi ini sangat kaya akan emas. Hingga kini masih bertahan Perusahaan Tambang Emas yang berasal dari Amerika Serikat, PT. Freeport. Provinsi Papua ini beribukota di Kota Jayapura.

17. Provinsi Jambi

Provinsi Jambi terletak di Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Kota Jambi. Provinsi ini memiliki luas 534.798 jiwa dengan Total Populasi penduduknya 3.456 jiwa. Kota Jambi dulunya adalah bagian dari Kerajaan Melayu dan diresmikan menjadi Provinsi oleh Presiden Soekarno berdasarkan UU No 61 Tahun 1958 pada tahun 1958. Provinsi Jambi masuk ke urutan 17 Daftar Provinsi di Indonesia berdsarkan pendapatannya. Dari segi kependudukan mayoritas penduduk Jambi adalah ras melayu dengan Islam sebagai agama mayoritas.
 

18. Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

Provinsi Kalimantan Barat adalah Provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan. Provinsi ini memiliki ibukota yang dilalui oleh garis khatulistiwa, yaitu Pontianak. Secara geografis Provinsi ini terletak di tengah tengah garis Khatulistiwa yang menjadikannya beriklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. Provinsi Kalimantan Barat dialiri oleh ratusan bahkan ribuan sungai dan anak sungai yang menjadikannya mendapat julukan Provinsi seribu sungai.

19. Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)

Masih membahas Pulau Kalimantan, dalam Daftar Provinsi di Inonesia ini kita juga akan membahas tentang Provinsi Kalimantan Selatan yang masih bertetangga dengan Provinsi sebelumnya, Kalimantan Barat. Provinsi dengan luas wilayah kurang lebih 37.530 kilometer persegi ini memiliki ibukota yang bernama Banjarmasin. Jika anda pernah mendengar lagu Ampar-ampar pisang, maka lagu tersebut merupakan lagu asli dari Kalimantan Selatan ini.
 

20. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi istimewa karena Provinsi ini tidak dipimpin oleh seorang Raja, tapi oleh seorang sultan, yaitu, Sultan Hamengkubuwono. Provinsi yang beribukota di Kota Yogyakarta ini merupakan Provinsi yang menjadi salah satu destinasi wisatawan Dunia. Selain karena sistem pemerintahannya yang masih mengusung adat istiadat di tengah ramainya demikrasi di Republik INdonesia, Ibukota Provinsi ini juga mendapat julukan sebagai kota pendidikan. Karenanya tidak mengherankan jika Yogyakarta  juga menjadi pilhan favorit bagi para calon mahasiswa yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke tinggat Universitas.

21. Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)

Kalimantan Tengah merupakan salah satu Provinsi yang terletak di Pulau kalimantan dan beribukota di Palangkaraya. Provinsi dengan luas wilayah kurang lebih 157.983 kilometer persegi ini menurut sensus kependudukan terkahir, dihuni oleh 2.205.988 jiwa penduduk yang didominasi oleh suku Dayak. Provinsi Kalimantan Tengah dibagi atas 13 Kabupaten dan 1 Kotamadya. Diresmikan Oleh Presiden Soekarno pada tanggal 23 Mei 1957, hingga kini Provinsi Kalimantan Tengah yang meyoritas wilayahnya adalah hutan masih terus melaksanakan pengembangan agar bisa menyamai perkembangan di wilayah lain di Indonesia.

22. Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng)

Provinsi Sulawesi Tengah merupakan Provinsi dengan jumlah Populasi tertinggi keua di Pulau Sulawesi setelah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Total Populasi mencapai 2.831.899 jiwa dan luas wilayah kurang lebih 61.841 kilometer persegi. Provinsi ini dipimpin oleh seorang Gubernur yang telah berganti ganti nama dari mulai diresmikannya Provinsi ini yaitu tanggal 13 April 1964.

23. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Provinsi yang masuk ke Gugusan Kepulauan Sunda Kecil dan Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi dengan Ibukota Lombok ini merupakan salah satu dari destinasi wisata terkenal di Indonesia, bahkan di Dunia, utamanya kota Lombok, dimana pantai Lombok sangat terkenal akan keindahannya. Provinsi Nusa Tenggara Barat atau biasa disingkat NTB dihuni oleh kurang lebih 4 juta jiwa dengan luas wilayah 20.153 kilometer. Provinsi yang didominasi oleh penganut agama islam ini meyoritas memiliki mata pencaharian sebagai Nelayan atau petani.

24. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)

Provinsi Sulawesi Utara terletak di bagian utara Pulau Sulawesi dengan ibukota Manado. Provinsi yang diresmikan pada tanggal 19 Agustus 1959 ini memiliki Luas wilayah kurang lebih 13.852 kilometer persegi. Untuk populasinya, menurut hasil survey kependudukan terakhir, Provinsi ini dihuni oleh hampir 2,5 juta jiwa yang didominasi oleh etnis Minahasa. Mayoritas penduduknya beragama Protestan dan kemudian disusul oleh Islam sebagai agama mayoritas kedua. Provinsi ini terbagi atas 11 Kabupaten dan 4 Kotamadya.
 

25. Provinsi Papua Barat

Provinsi Papua Merupakan Provinsi yang merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Papua, sebagai provinsi terluas di Indonesia. Provinsi Papua Barat dihuni oleh etnis Papua yang notabene merupakan ras Negroid, sama dengan ras Aborigin di Benua Australia dan Etnis-etnis Oceania pada umumnya. Provinsi ini sangat kaya akan emas. Hingga kini masih bertahan Perusahaan Tambang Emas yang berasal dari Amerika Serikat, PT. Freeport. Provinsi Papua ini beribukota di Kota Manokwari.

26. Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di sebelah tenggara Pulau Sulawesi. Provinsi dengan Luas wilayah kurang lebih 38.140 kilometer persegi ini beribukota di Kota Kendari dan hingga kini, total polpulasi yang menghuni penduduk ini mencapai sekitar 2,5 juta orang menurut hasil sensus terakhir. Provinsi yang diresmikan pada tanggal 22 September 1964 ini dihuni oleh ras Butin sebagai ras mayoritas. dan Agama Islam merupakan agama dominan di sini. Provinsi ini terdiri atas 15 Kabupaten dan 2 Kota. Tak menutup kemungkinan kedepannya seiring dengan perkembangan waktu, jumlah Kota di Provinsi ini juga akan bertambah.

27. Provinsi Bangka Belitung (Babel)

Bangka Belitung merupakan Provinsi yang terletak di pesisir Pulau Sumatra tapi memiliki Pulau sendiri. Pulau bangka ini sangat kaya akan timah dan masih terus dieksploitasi manfaatnya hingga sekarang. inamai Bangka Belitung, karena Provinsi ini memang didominasi oleh dua Pulau Besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung atau Pulau Belitong menurut orang sana. Jika anda pernah menonton film Laskar Pelangi, maka set film tersebut adalah di Provinsi ini. Sebelumnya Kepualauan bangka Belitung merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan, tapi kemudian menjadi Provinsi tersendiri pada tahun 2000, hal ini berdasarkan UU No 27 tahun 2000 yang disahkan pada tanggal 21 November 2000. Provinsi Bangka Belitung ini beribukota di Pangkal Pinang.

28. Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu adalah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dan memiliki ibukota yang sama dengan nama Provinsinya, yaitu Kota Bengkulu yang merupakan Kota dengan tingkat kemajuan paling tinggi di Provinsi ini.  Provinsi Bengkulu memiliki luas wilayah kurang lebih 19.788 kilometer persegi dengan jumlah populasi sebesar 1.972.886 jiwa. Provinsi yang terkenal akan Tari Topengnya ini merupakan Provinsi yang dihuni oleh mayoritas Etnis Rejang dan Etnis Jawa.

29. Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)

Provinsi Sulawesi Barat Meruoakan hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan pada tangga 5 Oktober 2004. Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur ini terbagi atas 6 Kabupaten dengan Kabupaten Mamuju sebagai Ibukota Provinsi. Provinsi Sulawesi Barat masuk kedalam Daftar Provinsi  Terbaru di Indonesia karena umurnya masih muda, baru 13 tahun jika dihitung dari tanggal peresmiannya. Provinsi dengan Luas wilayah kurang lebih 16796 kilometer persegi ini dihuni oleh 1.158.334 jiwa dengan etnis mandar sebagai etnis yang paling dominan.

30. Provinsi Maluku

Provinsi Maluku merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian timur Republik Indonesia, Provinsi ini terdiri atas gugusan kepualauan yang menurut informasi jumlahnya mencapai 4000 pulau baik besar maupun kecil. Dikarenakan pernah terjadi tragedi beberapa tahun silam, Provinsi Maluku inipun dibagi dua menjai Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. Untuk Ibukotanya, Provinsi Maluku ini sendiri beribukota di Ambon. Provinsi dengan luas Kurang lebih 708.000 kilometer ini dihuni oleh 1.715.078 jiwa yang mayoritasnya beragama Islam dan Protestan.

31. Provinsi Gorontalo

Dalam daftar pembentukan provinsi, Provinsi Gorontalo adalah provinsi ke-32 yang diresmikan di Republik Indonesia. Provinsi ini diresmikan pada tanggal 22 Desember 2000 dan memisahkan diri dari Provinsi Sulawesi Utara. Dengan Beribukota di Gorontalo yang terkenal dengan Julukan Serambi Madinah, sudah bisa dipastikan bahwa Provinsi yang memiliki total populasi sebanyak 1.097.889 jiwa ini dihuni oelh penduduk yang menganut agama Islam. Luas Wilayah Provinsi Gorontalo adalah 12.435 kilometer persegi.

32. Provinsi Maluku Utara

Provinsi Maluku utara merupakan Provinsi yang berasal dari pemekaran Provinsi Maluku. Hal ini dikarenakan terjadinya tragedi kemanusiaan pada tahun 1999. Kemudian Pemerintah Republik Indonesia berinsiatif untuk mengeluarkan Undang-Undang pengesahan terbentuknya Provinsi Maluku Utara ini. Provinsi ynag beribukota di Kota Sofifi ini memiliki luas wilayah kurang lebih 32.000 kilometer persegi dan dihuni oleh 1.038.000 jiwa yang mayoritasnya dalah penduduk beragama muslim.

33. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Provinsi yang masuk ke Gugusan Kepulauan Sunda Kecil dan Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi dengan Ibukota Kupang ini merupakan salah satu dari destinasi wisata terkenal di Indonesia, bahkan di Dunia, utamanya kota Kupang, dimana pantai Kupang sangat terkenal akan keindahannya. Provinsi Nusa Tenggara Timur atau biasa disingkat NTT dihuni oleh kurang lebih 4,8 juta jiwa dengan luas wilayah 46.997 kilometer persegi . Provinsi yang didominasi oleh penganut agama Katolik Roma ini meyoritas memiliki mata pencaharian sebagai Nelayan atau petani.

34. Provinsi Kalimantan Utara (Kaltra)

Provinsi Kalimantan Utara adalah provinsi paling muda di Indonesia. Dengan Luas Wilayah 75.998 kilometer persegi dan Total Populasi 641.997 jiwa, Provinsi ini bisa dibilang masih sangat jarang kepadatan penduduknya. maka dari itu sebagaian besar wilayah Kalimantan Utara yang secara Geografis berbatasan Langung dengan negara tetangga Malaysia, adalah hutan yang belum dieksploitasi dengan baik oleh pemerintah. Provinsi yang dihuni oleh mayoritas suku dayak ini didominasi oleh penganut Agama Islam.

Berikut itulah daftar 34 Provinsi di Indonesia beserta review nya. Artikel ini dibuat berdasarkan sumber referensi teraktual dan terbaru. Daftar Provinsi ini dibuat dengan mengambil referensi dari berbagai sumber baik online maupun offline. Semoga bermanfaat.

Untuk mencari artikel lainnya silakan mengetikkan keyword di kolom pencarian.
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter