-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Penuh Misteri, Inilah Kekuatan Jiren di Dragonball Super

6 comments
Penuh Misteri, Inilah Kekuatan Jiren di Dragonball Super

Siapakah Jiren ini?

Sudah memasuki episode terbaru, di Dragonball Super tentunya terdapat beberapa kejutan yang belum kita ketahui sebelumnya, salah satunya adalah kemunculan Kale dan Kehebatan Jiren. Bagi yang belum tahu, Kale ternyata adalah seorang bangsa saiyan dari sedikit bangsa saiyan yang tersisa. Kale yang merupakan seorang perempuan menurut tampilannya pada saat berubah menjadi super saiya, mirip sekali dengan perubahan sang legendary saiyan Broly. Hanya saja kita semua sudah tahu bahwa Broly bisa dikalahkan oleh Son Goku, Son Gohan dan kawan kawan pada masa dulu. Lagipula meskipun pada saat bertempur dengan Son Goku di Turnamen Beladiri Zeno Sama, Kale memang bisa menekan pergerakan Son Goku, dan bahkan Bejita (Vegeta) sampai mengatakan agar Son Goku berhati hati karena wujud Kale tersebut adalah wujud Bangsa Saiyan yang sebenarnya. Diluar dugaan, pada saat Kale mengamuk, Jiren yang menjadi seorang perwakilan dari Universe 11 mampu mengalahkannya hanya dalah satu kali pukulan. Luar biasa kan?Untuk informasi, Jiren adalah salah seorang anggota Pride Trooper yang merupakan Penjaga Universe 7 yang di pimpin oleh Toppo sang pejuang keadilan dan diawasi langsung oleh dewa penghancur universe 11, Belmod Sama. Diantara semua anggota Pride Trooper, Jiren diyakini sebagai anggota yang paling tangguh. Pertanyaannya, setangguh apakah Jiren ini?

Belum ada yang tahu pasti, tapi pada kenyataannya jika anda benar benar mengikuti Dragonball Z, pastinya anda tahu kalau Broly yang merupakan legenda dari Bangsa Saiyan dan memiliki kemampuan mencapai Super Saiyan Berserker kalah oleh Kamehameha maksimal dari tiga orang super saiyan yaitu Son Goku, Son Gohan dan Son Goten dan dibantu oleh Trunks sebagai pengecoh. Dengan menggabungkan ke tiga kamehameha tersebut dan bantuan dari Trunks, Broly dapat dikalahkan. Singkatnya kita bisa bilang Super Saiyan Berserker yang dimiliki oleh Broly dan Kale pada Dragon Ball Super setara dengan 4 orang super saiyan satu. Pada saat Son Goku melawan Kale, Dia mengeluarkan Kamehameha dan bisa dihadang dengan mudah oleh Kale, padahal saat itu Son Goku sedang berubah menjadi Super Saiyan Blue. Meskipun kelihatannya tidak serius, tapi Son Goku cukup tertekan menjelang akhir pertarungan terutama pada saat Kale mengamuk, Jiren dengan tenang merubah keadaan dengan menghentikan amukan Kale hanya dengan satu kali hantaman Ki dan itupun berlangsung sangat cepat. Bisa dibilang, Kekuatan Jiren sangat jauh melampaui Kale yang merupakan seorang Super Saiyan Berserker. 

Lantas Bagaimana Perbandingannya Kekuatan Jiren Dengan Son Goku?

Di awal pertandingan Whis sama sudah berkata bahwa Son Goku sedang menyimpan energinya agar bisa mengikuti turnamen beladiri ini hingga akhir. Lagipula saat melihat Jiren mengalahkan Kale dengan satu kali hantaman, Son Goku malah tersenyum dan terlihat lebih penasaran lagi, apa yang Goku sembunyikan? Mungkinkan dia sudah memiliki perubahan Super Saiyan yang baru sehingga merasa mampu mengalahkan Jiren? Dalam hal ini, sebelum pertandingan dimulai, Whis pernah berkata bahwa diantara para petarung turnamen beladiri, ada yang kekuatannya melampaui Dewa Penghancur, mungkinkan dia Jiren dari Universe 11?. Jika yang dikatakan Whiz ini benar, bisa dibilang kesempatan Son Goku dan kawan kawan sangatlah kecil karena bahkan pada saat Son Goku berubah menjadi Dewa Super Saiyan, dia tidak mampu mengalahkan Beerus, tapi hanya mampu mengimbanginya. Berarti jika kekuatan Jiren melampaui Dewa Penghancur sekelas Beerus, bagaimana cara Son Goku mengalahkannya? Pastinya akan ada lebih banyak lagi kejutan di Turnamen Beladiri ini. 

Perkiraan Kekuatan Jiren

Pada saat Toppo, teman se tim Jiren bertarung dengan Son Goku, dan Son Goku berada dalam level Super Saiyan Blue dengan menggunakan Kaioken, Toppo berkata bahwa Son Goku tidak akan bisa mengalahkan Jiren dengan kekuatan seperti itu. Berarti bisa dibilang kekuatan Jiren jauh melampaui kekuatan Son Goku pada saat berubah menjadi Super Saiyan Blue dan Kaioken. Dan ini menjadikan perkataan Whis makin pasti bahwa yang mempu melampaui kekuatan Dewa Penghancur itu adalah Jiren. 

Berdasarkan review dari beberapa episode Dragonball Super yang telah lalu kekuatan Jiren bisa dikatakan ;

1. Lebih Kuat dari Broly (Super Saiyan Berserker)
2. Lebih Kuat dari empat orang Super Saiya 1 (Goku, Gohan, Goten, dan Trunks)
3. Lebih Kuat dari Super Saiyan Blue Son Goku
4. Lebih Kuat dari Super Saiyan Blue plus Kaioken 20x
5. Lebih Kuat dari Dewa Super Saiyan
6. Lebih Kuat dari Toppo
7. Lebih Cepat dari Son Goku

Adapun Kekuatan Jiren yang telah diketahui sejauh ini adalah ;

1. Ki yang dia keluarkan berwarna Hijau, Berbeda dengan ki Son Goku yang berwarna Biru, ini terlihat saat ia menghantam Kale.
2. Energi dalam yang terpancar dari tubuhnya berwarna merah (sama dengan Toppo, dan Son Goku saat menggunakan Kaioken)
3. Memiliki Insting yang sangat akurat dan tepat, terbukti pada saat rekonstruksi area pertandingan, Jiren sama sekali tidak bergeming dengan bebatuan yang melewatinya.
4. Memiliki kemampuan untuk menyembunyikan Ki nya dengan baik
5. Memiliki kecepatan yang luar biasa, terbukti dengan ia bisa berpindah dengan cepat saat berhadapan dengan Son Goku di awal pertandingan bela diri
6. Jiren mampu memukul mundur keluar arena seorang petarung dari alam semesta lain hanya dengan tenaga dalamnya pada saat kawannya terperangkap dan hampir kalah.
7. Sepanjang sejarah Dragonball, hanya Jiren satu satunya musuh yang mampu mengembalikan Bola Semangat (Genkidama) milik Goku yang selama ini telah berhasil digunakan untuk membunuh lawan lawan kuat seperti Frieza, Iblis Boo, dan Omega Shenron.
8. Tidak hanya mengembalikan genkidama, Jiren juga mampu untuk mengontrol genkidama tersebut dengan baik, bahkan hanya dengan tatapan matanya.
9. Kekuatan Jiren hanya bisa diimbangi oleh Perubahan Goku saat mendapatkan efek ledakan Genkidama tersebut. Goku mampu mencapai level Ultra Instinc atau Migatte No Gokui yang merupakan teknik pertarungan yang hanya dikuasai oleh para dewa. Sebenarnya Para malaikat seperti Whis dan Vados serta daishinkan sudah menguasai kemampuan ini, lalu mereka mengajarkan teknik ini kepada dewa penghancur, tapi sayangnya tidak semua dewa penghancur mampu untuk menguasai teknik ini. Bisa dikatakan, jika Goku mampu menguasai teknik ini dengan baik, Goku dan Jiren tentunya, adalah kandidat mahluk yang mampu melampaui dewa penghancur, seperti yang pernah dikatakan oleh Whis.
10. Jika petarung lain akan memiliki kelemahan saat bertempur, maka tidak begitu dengan Jiren, ia bahkan mampu menahan dengan tepat serangan dari Hit yang menguasai teknik waktu pada saat mengembalikan Genkidama milik Goku

Kelebihan Jiren dibandingkan Son Goku dan petarung lainnya

1. Tenang
Digambarkan dalam anime Dragonball Super, sosok Jiren ini sangat tenang dan tidak mudah tersulut emosinya, meskipun dia sedikit angkuh dengan memperlihatkan kecepatannya pada Son Goku di awal awal pertandingan

2. Waspada
Jiren ini sangat waspada dan selalu memperhatikan keadaan di sekelilingnya. Hanya saja tak ada musuh yang berani mendekatinya.

3. Cepat Tanggap
Jiren adalah petarung yang cepat tanggap, pada saat Kale mengamuk dalam keadaan Super Saiyan berserker, Jiren segera mengambil tindakan dan mampu mengalahkannya hanya dalam satu kali hantaman.

4. Memiliki tubuh yang lebih kuat
Jika dilihat dari postur tubuhnya, sepertinya Jiren memiliki kondisi fisik yang lebih kuat dibanding Son Goku.

Berikut itulah informasi yang bisa kami rangkum mengenai Kekuatan dan Kemampuan Jiren di Dragonball Super. Tidak menutup kemungkinan, kedepannya akan masih banyak lagi kejutan kejutan yang bisa kita tonton di Anime Dragonball Super ini. Apakah Son Goku dan kawan kawan mampu menandingi kekuatan Jiren yang luar biasa ini? Kita tunggu kelanjutannya.

Jika dirasa artikel ini menarik dan bermanfaat silakan di share, jika terdapat kesalahan atau kekurangan silakan ditambahkan di kolom komentar.

Salam

Related Posts

6 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Mantap... kemungkinan goku jd gogeta blue

    ReplyDelete
  3. gogeta blue + insting ultra dan kaioken goku...:v

    ReplyDelete
  4. Aku yakin goku bisa menguasai perubahan insting ultra dan menggabungkan kaioken 20x lipat.

    ReplyDelete
  5. Kalau Jiren sama Topo Fusion Juga gimana nih? Gogeta Blue vs ToRen Red.... :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter