-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Daftar Istilah di Naruto Sippuden dan Boruto Next Generation

5 comments
Daftar Istilah di Naruto Sippuden dan Boruto Next Generation

Dalam dunia shinobi, ada banyak sekali istilah yang digunakan baik dalam politik, strategi, jutsu, keturunan, panggilan, jenis elemen, dan lain lain. Tiap istilah di Naruto dan Boruto ini tentunya memiliki pengertian dan makna nya masing masing. Masashi Kishimoto sebagai pengarang Naruto Shippuden tentunya memiliki tujuan tersendiri dalam membuat istilah istilah ini. Bisa saja untuk memudahkannya dalam mengarang cerita, atau mungkin agar dirasa lebih menarik saja cerita Naruto Shippuden ini karena seperti kita semua tahu, tiap anime dan manga memiliki istilah dan keunikan masing masing sesuai dengan kapasitas pengarangnya. Tapi tentunya istilah istilah Naruto dan Boruto yang banyak kesamaannya ini dibuat agar istilah istilah ini bisa dimengerti dan memudahkan para penggemar Naruto dan Boruto untuk bisa mencerna kisah anime dan manga dengan baik. Nah, bagi anda penggemar Naruto Shippuden, pastinya anda tahu benar kalau istilah istilah di Naruto dan Boruto ini luar biasa banyaknya. Untuk kali ini kami akan bantu penggemar Naruto dan Boruto yang masih Newbie untuk memahami istilah istilah yang ada di Naruto Shippuden dan Boruto Nezt Generation, penasaran? Monggo cek list di bawah ini;

1. Shinobi

Shinobi bisa diartikan ninja atau seseorang dengan kemampuan nonja yang terikat dengan satu desa tertentu, misalkan ninja konoha, maka dia adalah shinobi dari konoha. Shinobi ini memiliki beberapa tingkatan yang akan dibahas di nomor selanjutnya.

2. Genin

Genin adalah level shinobi paling rendah dan biasanya dihuni oleh anak anak yang baru masuk akademi di usia 4 sampai dengan 9 tahun. Kemudian para genin ini akan dibentuk menjadi tim beranggotakan 3 orang dengan di pimpin oleh seorang Jounin yang sekaligus menjadi guru ketiga orang genin tersebut. Misalnya tim 7 yang terdiri dari Naruto, Sakura dan Sasuke dipimpin oleh Kakashi Hatake sebagai guru dan kapten tim.

3. Chunin

Chunin adalah level ninja di atas Genin dimana untuk menjadi Chunin seorang genin harus melewati ujian yang biasanya diadakan dalam beberapa sesi dan diselenggarakan secara bersamaan oleh beberapa desa. Ujian Chunin dilaksanakan untuk memilih genin genin potensial untuk dijadikan ninja tangguh kedepannya. 

4. Jounin

Jounin adalah ninja atau shinobi kelas atas dengan kemampuan yang luar biasa. Para jounin ini biasanya ninja dewasa yang sudah dilatih sedemikian rupa dan telah menjalankan banyak misi dalam level tinggi. Untuk menjadi jounin diperlukan pengakuan dan pengangkatan langsung dari seorang Kage. Contoh ninja sekelas Jounin adalah Kakashi Hatake, Asuma Sarutobi, Kurenai Yuhi, Yamato, dan lain lain.

5. Kage

Kage adalah level ninja tertinggi dalam suatu desa dan merupakan ninja atau shinobi paling kuat di desa. Dalam hal ini setiap desa memiliki kage masing masing, misalkan di Konohagakure ada Hokage, di Sunagakure ada Kazekage, dan lain lain. Untuk menjadi Kage ini diperlukan pengangkatan secara langsung dari para daimyo desa dan para tetua lainnya.

6. Shodaime Hokage

Hokage pertama, Hashirama Senju sekaligus pendiri Konoha bersama madara uchiha.

7. Nidaime Hokage

Hokage kedua, Tobirama Senju adik Hashirama Senju, pengguna suiton terkuat di era nya.

8. Sandaime Hokage

Hokage ke tiga, Hiruzen Sarutobi, murid dari Tobirama Senju.

9. Yondaime Hokage

Hokage ke empat, Minato Namikaze, ayah dari Naruto Uzumaki, Hokage ke tujuh sekaligus kakek dari Boruto Uzumaki.

10. Godaime Hokage

Hokage ke lima, Tsunade senju, cucu Hashirama Senju dan Murid dari Sandaime Hokage, Hiruzen Sarutobi.

11. Rokudaime Hokage

Hokage ke Enam, Kakashi Hatake yang nerupakan guru dari Naruto, Sasuke, dan Sakura.

12. Nanadaime Hokage

Hokage ke Tujuh, Naruto Uzumaki yang dipercaya merupakan Shinobi terkuat yang pernah ada di dunia Ninja.

13. Raikage

Kage atau pemimpin desa seperti Hokage dari desa batu, Kumogakure

14. Kazekage

Kage atau pemimpin desa dari desa pasir, Sunagakure.

15. Mizukage

Kage atau pemimpin desa dari desa air, Kirigakure

16. Tsuchikage

Kage atau pemimpin desa dari desa bumi, Iwagakure.

17. Daimyo

Daimyo adalah tetua desa yang memiliki kekuasaan untuk mengangkat seorang Kage. Setiap desa memiliki daimyo nya masing masing dan setiap daimyo dari tiap desa memiliki kekuasaan yang sama.

18. Sannin

Sannin adalah level ninja atau shinobi sekelas Kage dengan kemampuan yang kuar biasa. Dalam hal ini di anime dan manga Naruto Shippuden dan Boruto hanya ada tiga orang Sannin sepanjang sejarah Shinobi dan semuanya berasal dari Konoha yaitu, Jiraiya, Tsunade Senju, dan Orochimaru. Salah satu Sannin, Tsunade Senju pernah menjadi Hokage ke lima, diketahui julukan Sannin didapat karena dari sekian banyak orang yang bertempur di perang besar ninja ketiga, hanya mereka bertiga yang bisa selamat dari pertempuran melawan Hanzo Salamander, Kage dari negeri hujan.

19. Anbu

Anbu adalah organisasi rahasia yang dipimpin langsung oleh Hokage dan Danzo Shimura. Dalam kesehariannya, para anggota anbu ini selalu menggunakan topeng dan memiliki ciri khas sebuah tato di lengannya. Dari segi kemampuan dan kekuatan, kebanyakan para anbu ini sekelas dengan ninja level jounin. Tugas Anbu adalah investigasi, pengintaian, dan pembunuhan.

20. Kunoichi

Kunoichi adalah Ninja ninja dan shinobi perempuan yang ada di akademi kemudian lukus dan menjadi ninja dengan level yang kebih tinggi.

21. Klan

Klan adalah golongan atau kelompok yang terikat oleh ikatan darah atau keturunan yang sama dan biasanya dipimpin oleh ketua klan nya masing masing. Contoh klan Uchiha, klan Senju, klan Hyuga dan lain lain.

22. Jinchuriki

Jinchuriki adalah shinobi atau ninja yang di dalam tubuhnya diisi bijuu. Bijuu yang dimiliki oleh desa desa besar ini memiliki kekuatan yang dahsyat. Jinchuuriki ini diharapkan oleh setiap desa untuk menjadi pengendali bijuu yang hebat agar bisa memanipulasi kekuatan bijuu yang di masukkan ke tubuhnya.

23. Bijuu

Bijuu adalah monster berekor dari satu hingga sembilan yang berasal dari Shinju, bijuu berekor sepuluh. Kekuatan bijuu ini berbeda beda antara ekor satu hingga ekor sembilannya. Bijuu ini adalah Juubi si ekor sepuluh yang di ekstrak oleh Rikudou Sennin menjadi sembilan bijuu.

24. Ichibi

Ichibi adalah bijuu ekor satu dan merupakan bijuu paling lemah. Jinchuuriki biju ini adalah gaara, Ichibi memiliki kemampuan untuk memanipulasi pasir.

25. Niibi

Niibi adalah bijuu ekor dua, Matatabi dengan rupa seperti kucing. Matatabi dimiliki oleh Kumogakure dengan jinchurikinya Yugito Nii.

26. Sanbi

Sanbi adalah bijuu ekor tiga, Isobu yang dimiliki okeh kirigakure dengan Jinchuurikinya Yagura. Rin Nohara reman se tim Kakashi juga pernah diisi Sanbi di tubuhnya dengan tujuan agar Sanbi mengamuk di Konoha.

27. Yonbi

Yonbi adalah bijuu ekor empat yang bernama Son Goku, tubuhnya menyerupai Monyet dan merupakan biju yang mengakui Naruto pertama kali. Dimiliki Iwagakure, Jinchuuriki Yonbi adalah Roshi.

28. Gobi

Gobi adalah bijuu ekor lima, dengan nama asli Kokuo yang dimiliki oleh Iwagakure dengan Jinchurikinya Han.

29. Rokubi

Rokubi adalah bijuu ekor enam, Saiken dengan jinchuurikinya Utakata, Rokubi dimiliki oleh desa Kirigakure.

30. Nanabi

Nanabi adalah bijuu ekor tujuh dengan jinchuurikinya Fu, nama asli nanabi adalah Chomei dan dimiliki oleh Takigakure.

31. Hachibi

Hachibi adalah bijuu ekor delapan dengan jinchuurikinya Killer Bee. Nama asli Hachibi adalah Gyuki dan dimiliki oleh Kumogakure.

32. Kyubi

Kyubi adalah biju ekor sembilan dan merupakan bijuu terkuat yang mewakili sifat benci. Nama asli Kyubi adalah Kurama dan satu satunya shinobi yang berhasil menguasai chakra kyuubi secara sempurna adalah Naruto Uzumaki.

33. Juubi

Juubi adalah bijuu ekor sepuluh yang merupakan sumber kekuatan dari sembilan bijuu yang dibuat oleh Hagoromo Otsutsuki atau Rikudou Sennin. Juubi memiliki chakra yang tidak terbatas dan merupalan manifestasi dari chakra itu sendiri. Jinchuuriki Juubi adalah Obito Uchiha, Madara Uchiha dan tentunya Hagoromo Otsutsuki.

34. Reibi

Meski memiliki chakra yang bukan berasal dari Juubi si ekor sepuluh, Reibi diyakini merupakan bijuu ekor nol atauvtanpa ekor yang memiliki kekuatan dahsyat. Hanya saja Reibi ini tidak ada di Naruto Shippuden baik manga ataupun anime, tapi ada di Naruto the Movie.

35. Konohagakure

Konohagakure adalah Desa daun tersembunyi

36. Otogakure

Desa bunyi tersembunyi, merupakan desa fiktif yang didirikan oleh orochimaru saat melarikan diri dari Konoha.

37. Sunagakure

Desa pasir tersembunyi, merupakan tempat Gaara berada dan dipimpin oleh seorang Kazekage.

38. Moyagakure

Moyagakure adalah desa asap tersembunyi.

39. Kirigakure

Kirigakure adalah desa kabut tersembunyi yang dipimpin oleh seorang mizukage.

40. Kumogakure

Kumogakure adalah desa awan tersembunyi yang dipimpin oleh seorang Raikage.

41. Amegakure

Amegakure adalah desa hujan teraembunyi dan selalu dihujani air sepanjang tahun. Desa ini dulunya dipimpin oleh Hanzou Salamander tapibsetelah dibunuh Pain Akatsuki, Nagato menjadi pemimpin bdi desa ini.

42. Hoshigakure

Hoshigakure adalah desa yang memiliki chakra yang berasal dari bintang.

43. Iwagakure

Iwagakure adalah desa batu tersembunyi yang dipimpin oleh seorang Tsuchikage.

44. Getsugakure

Getsugakure adalah desa tersembunyi dibawah awan. 

45. Soragakure

Soragakure adalah desa tersembunyi di langit, desa ini hanya ada di dalam film Naruto the Movie.

46. Takigakure

Takigakure adalah desa kecil fiktif yang merupakan desa kelahiran Kakuzu, seorang anggota akatsuki yang tangguh, selain itu ada juga Fu, jinchuuriki ekor 7.

47. Tonbogakure

Tonbogakure adalahbsalah satu desa kecil di Naruto Shippuden yang memiliki arti desa tersembunyi diantara capung.

48. Kusagakure

Kusagakure memiliki arti, desa yang tersembunyi diantara rerumputan. Salah satu shinobi yang berasal dari klan jni adalah zetsu.

49. Yugakure

Yugakire adalah desa yang menganut ajaran Jashin dan dipimpin oleh seorang biksu bernama Chiriku. Shinobi yang berasal dari desa ini adalah Hidan yang merupakan anggota Akatsuki.

50. Yukigakure

Yukigakure adalah dwsa twrsembunyi dibalik salju, desa ini hanya ada di Naruto the Movie.

51. Uzushio Gakure

Uzushio gakure adalah desa yang dihuni oleh klan Uzumaki yang sangat kuat dalam membuat segel. Desa ini adalah sahabat dari desa Konoha.

52. Jutsu

Jutsu adalah teknik atau jurus pengolahan chakra yang bisa digunakan ubtuk menyerang maupun bertahan. Jenis jutsu ini berbeda beda.

53. Ninjutsu

Ninjutsu adalah teknik pengolahan chakra dan mengeluarkannya menjadi elemen yang diinginkan. Misalkan Jika seseorang memiliki elemen api dalam dirinya, maka chakra yang dikeluarkan oleh orang tersebut akan menjadi api. Misalkan Katon Goukakyu No Jutsu milik Klan Uchiha atau Rasengan milik Naruto. 

54. Genjutsu

Genjutsu itu sejenis sihir atau hipnotis, yang membuat seseorang kehilangan penguasaan atas dirinya sendiri. Pengguna genjutsu kemudian dapat membuat ilusi atau halusinasi yang diyakini oleh lawannya bahwa hal itu adalah benar. Dalam dunia Genjutsu, pengguna genjutsu akan benar benar menguasai segalanya dari mulai massa, waktu, dan lain lain. Contoh pengguna genjutsu adalah Itachi Uchiha dengan Gagak hitamnya. 

55. Taijutsu

Taijutsu adalah pertarungan yang mengandalkan sentuhan tubuh dalam arti sederhana, Taijutsu adalah teknik beladiri dasar yang hanya mengandalkan kekuatan fisik saja. Hampir semua shinobi menguasai Taijutsu, tapi diketahui pengguna Taijutsu terkuat sepanjang sejarah shinobi adalah Maito Gai. 

56. Doujutsu

Doujutsu adalah kekuatan jutsu yang berasal dari mata atau sebaliknya, mata yang memiliki kekuatan jutsu. Contoh Doujutsu ini adalah Rinnegan, Sharingan, dan Byakugan. 

57. Tonjutsu

Tonjutsu adalah sejenis jutsu untuk melarikan diri. Pemilik teknik ini terbatas, salah satunya adalah teknik berubah menjadi ular dan melarikan diri seperti milik Orochimaru. 

58. Bukijutsu

Bukijutsu adalah teknik penggunaan senjata dalam dunia shinobi seperti shuriken, pedang, tombak, tongkat, dan lain lain 

59. Kinjutsu

Kinjutsu adalah jutsu jutsu terlarang karena akan membahayakan nyawa penggunanya itu sendiri masing masing Ninjutsu atau genjutsu bahkan Taijutsu ada yang masuk ke daftar kinjutsu ini. 

60. Fuinjustu

Jutsu penyegelan, merupakan jutsu spesialisasi klan Uzumaki yang dikatakan telah punah. 

61. Mokuton

Elemen Kayu, pengguna elemen ini adalah Hashirama Senju. Memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi oenggunaan kayu menjadi bentuk yang diinginkan.

62. Katon

Elemen Api, pengguna jutsu ini secara umum adalah Klan Uchiha. Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

63. Fuuton

Elemen Angin, Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

64. Raiton

Elemen Petir, Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

65. Suiton

Elemen Air, Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

66. Doton

Elemen Tanah, Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

67. Enton

Elemen angin dan petir, Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

68. Jinton

Elemen Partikel, Memungkinkan penggunanya memanipulasi bentuk dan rupa elemen tersebut menjadi bentuk dan rupa yang diinginkan yang bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

69. Kuchiose

Jutsu pemanggil, bisa hewan ataupun senjata. Dengan membuat segel tangan tertentu, seorang shinobi akan mampu untuk memanggil hewan yang telah bekerja sama dengan mereka.

70. Senpou

Jurus sage, seorang shinobi yang mampu menjadi sage akan memiliki kemampuan melampau batas manusia pada umumnya.

71. Sharingan

Mata istimewa yang hanya dimiliki klan Uchiha

72. Mangekyou Sharingan

Perubahan dari mata sharingan yang memiliki kekuatan yang luar biasa

73. Mugen Mangekyou Sharingan

Kekuatan Sharingan yabg abadi dan hanya bisa dimiliki oleh seorang shinobi uchiha yang mentransplantasikan matau saudaranya ke matanya sendiri.

74. Susanoo

Monster mengerikan yang hanya bisa dihasilkan oleh dua mata mangekyou sharingan.

75. Amaterasu

Api hitam yang tidak pernah padam, merupakan kemampuan spesial dari mata Itachi dan Sasuke.

76. Shunshin No Jutsu

Jutsu teleportasi jarak jauh yang nemungkinkan penggunanya berpindah pindah dengan cepat.

77. Jikukan Ninjutsu

Jutsu teleportasi dengan mengandalkan kemampuan mata.

78. Edotensei

Jutsu kebangkitan, menggerakkan mayat dengan jutsu.

79. Rinnegan

Mata Rikudou yang memiliki kemampuan yang luar biasa.

80. Tenseigan

Mata Hamura Otsutsuki yabg berasal dari transformasi Byakugan.

81. Byakugan

Mata sakti yang mampu melihat apapun. Mata ini hanya dimiliki oleh klan Hyuuga.

82. Kunai

Pisau kecil yang selalu dibawa oleh para shinobi kemanapun mereka pergi. Kunai ini bisa digunakan untuk pertarungan jarak dekat maupun jarak jauh.

83. Katana

Pedang atau samurai yang biasa digunakan untuk pertarungan jarak dekat maupun jarak jauh jika memilikibkemampuan pengolahan chakra yang baik seperti sasuke.

84. Shuriken

Senjada ninja berbentuk bintang bermata empat dengan beragam ukuran yang bisa digunakan untuk serangan jarak jauh.

85. Kekkei Genkai

Kekkei genkai adalah blood limit, bisa diartikan kemampuan khusus seorang ahinobi yang diturunkan secara alamiah  kepada keturunan langsung dari si pengguna jutsu khusus. Misalkan mata sharingan, jutsu bayangan mikik shikamaru dan anaknya shikadai, atau kemampuan mengolahbtubuh menjadi raksasa milik klan akimichi, dan lain lain.

86. Tsukoyomi

Kemampuan untuk membuat ilusi dengan menggunakan mata Sharingan. Tsukoyomi terkuat adalah tsukoyomi milik Shisui uchiha.

87. Akatsuki

Organisasi terlarang yang didirikan untuk menguasai dunia dengan menggunakan chakra bijuu untuk membangkitkan mata bulan, Tsukinome

88. Tsuki No Me

Projek mata bulan yang nemungkinkan seluruh manusia terperangkan dalam tsukoyomi tak terbatas.

89. Pedang Totsuka

Pedang rahasia yang bisa menyegel apapun dan dimiliki oleh Itachi Uchiha.

90. Senjutsu

Kemampuan memanipulasi chakra sage atau senpou menjadi beragam bentuk serangan ninjutsu.

91. Byakugou

Kemampuan menyimpan chakra dalam jumlah banyak menjadi satu titik berwarna hijau di dahi, chakra ini kemudia bisa dilepas secara langsung oleh penggunanya.

92. Byakugan

Kemampuan klan hyuuga untuk memaksimalkan penglihatan mereka sehingga bisa melihat jarak jauh atau melihat titik chakra seseorang.

93. Ninpou

Ninja Art, seni ninja atau ninja dengan kemampuan seni yang bisa digunakan untuk menyerang, contoh Ninpou milik Sai dan anaknya Inojin, dimana kemampuan menggambar sai bisa digunakan untuk menyerang dan bertahan.

94. Futton

Elemen uap, dimiliki oleh mizukage ke empat, Mei Terumi.

95. Bakuton

Elemen ledakan, dimiliki oleh Deidara dari iwagakure.

96. Ranton

Elemen badai, dimiliki oleh Darui

97. Hyoton

Elemen es, kekkei genkai yang dimiliki ole klan Yuki.

98. Shakuton

Elemen Panas, kekkei genkai yang hanya dimiliki ole klan Shaku.

99. Yoton

Elemen Lava. Kekkei genkai, pengguna elemen lava ini hanya Mei Terumi saja.

100. Jiton

Elemen magnet, elemen yang hanya dikuasai oleh Kazekage Ketiga dari Sunagakure.

Berikut itulah Istilah istilah yang sering keluar di Naruto Sippuden dan Boruto Next Generation. Istilah diatas mencakup istilah nama kage, istilah jutsu, istilah elemen, dan istilsh istilah lainnya di Anime dan Manga Naruto Shippuden. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silakan di share, jika tersapat kesalahan atau kekurangan silakan ditambahkan di kolom komentar.

Salam

Related Posts

5 comments

  1. wah wah, lengkap yah, makasih gan, ane jadi tau nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan, makasih sudah berkunjung ke mari...salam blogger

      Delete
  2. Makasih . Ane baru nonton boruto jadi yg natuto belum sama sekali karena ane seorang OP LOVERS,tapi ternyata ceritanya lumayan .

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter